Ngobrol Bareng Kemanusiaan - Aksi Cepat Tanggap

Sabtu pagi (25/02/2017) Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan sebuah acara berbincang bersama dengan para penggiat social media yang ada di Indonesia. Acara ini bertempat di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Tema obrolan kali ini adalah mengangkat isu kemanusiaan dengan judul Greatness Starts from Humanity.
Acara ini dimulai dengan perkenalan dari masing -masing undangan yang semuanya aktif dalam dunia media sosial, sebutlah beberapa pemilik akun kartun muslimah, peduli jilbab, komunitas blogger dan yang lainnya ikut hadir dalam acara ini. Lalu acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari founder ACT sekaligus presiden dari Global Islamic Philanthropy, Ahyudin. Dalam sambutannya, Ahyudin menjelaskan bahwa Aksi Cepat Tanggap merupakan lembaga kemanusiaan  yang memiliki tiga prinsip utama yang biasa disebut sebagau segitiga emas yaitu humanity, philantropy, volunteerism. Prinsip itu didasari atas keyakinan sang founder bahwa paradigma kehebatan sebuah negara bukan terletak pada kekuatan ekonomi atau militer, tetapi negara yang dapat memanusiakan manusia.
Pria berkacamata ini yakin bahwa segala sesuatu yang buruk terjadi sekalipun, jika datangnya dari Allah maka itu akan baik pada akhirnya. ACT sendiri merupakan lembaga yang lahir dari akibat bencana dahsyat tsunami di Aceh beberapa tahun silam. Ahyudin pun menjelaskan bahwa lembaga kemanusiaan ini akan dapat membuat manusia korban bencana menjadi lebih baik ketimbang sebelum bencana, dan itulah pekerjaan tim ACT.
Acara selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh Ahyudin. Nampak pula artis sinetron Ratna Galih bertanya mengenai peran ACT dalam menangani permasalahan sosial khususnya dalam dunia parenting. Tak kalah pula, Fikrar dari start up kitabisa.com melayangkan pertanyaan mengenai progress ACT kedepan dalam melanjutkan programnya dengan menggandeng lembaga lain yang serupa.
Usai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan hadiah utama yang diberikan adalah Qurban Progressive, yakni progran baru yang diluncurkan oleh lembaga Global Qurban. Setelah melewati proses pengundian, akhirnya pemilik akun kartun muslimah di instagram yang menjadi pemenangnya. Acara ditutup dengan pemberian hadiah oleh Presiden Global Islamic Philanthropy.

Comments